Obrolan Hangat “Influencer”

Seperti yang ada pada judul nya ya , aku lagi pengen share tentang “influencer”…
“Ngapain sih, ga penting tau!apaan lagi tuh influencer..”

Nah statement ini banyak terdengar dimana mana dan bahkan banyak hal yang belum familiar di masyarakat luas , bahkan ada juga management suatu brand yang menganggap sebelah mata tentang “influencer ” ini .. itu alasan kenapa aku kepingin ngomongin ini, berdasarkan pengalaman pribadi bahkan pengalaman teman teman yang sharing.. 

di awali dulu ya dgn pengertian influencer itu sendiri..

  Kata google dan wiki sih, “Influencer adalah orang-orang yang punya follower atau audience yang cukup banyak di social media dan mereka punya pengaruh dalam social media , seperti artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya dalam skill yang juga memumpuni .” 

  Yang bisa kita tarik kesimpulan bahwa menjadi seorang influencer itu ga mudah, dan ga bisa instan, semua harus di imbangi dengan skill yang baik untuk menyebut diri nya influencer. Tapi sering waktu banyak salah kaprah orang umum memandang influencer tersebut, terutama perlakuan “mereka” terhadap influencer nya .

  Mereka/brand disini yang saya maksud bisa di artikan suatu perusahaan/hotel/resto/cafe yang menggunakan jasa influencer guna branding usaha mereka. Kenapa saya katakan salah kaprah? 
1. Influencer sendiri banyak macem nya, dari food,fashion,lifestyle,travel dan banyak lg. Setiap influencer tersebut tentu memiliki audience dan segmen masing masing . Dan ini yang harus nya di pahami brand guna promotion yang tepat, dan disesuaikan dgn kebutuhan yang saat itu mereka ingin tonjolkan. 

Contoh kasus yg sering terjadi Misal brand sepatu A mau promo sepatu nya, mereka memilih influencer food utk branding , yang mana sudah pasti kalian lihat audience dari influencer tersebut pasti yang cari info makanan, ketika mereka lakukan promo dan sudah selesai dgn seperti biasa nya, si pihak brand A bilang ke influencer nya “kok gini doang ya, kok sepatu nya ga nampil banyak malah makanan nya yg dominan difoto?kok km cm blg nyaman aja sih ga ada penilaian lain? Bla bla bla” 

  nah ini sering kan kejadian , harus kembali disadari bahwa mereka memang bukan pada bidang nya yang mereka tau pasti penilaian yang umum saja beda dgn lifestyle/ fashion yang mungkin bisa membahas ini lebih detail lagi. Ini yang paling sering terjadi… 

2. Memandang semua influencer itu sama. Iya betul social media influencer itu sama seperti artis , betul .. namun hanya beda media saja, kalau artis itu di tv dan social media influencer di dunia maya alias internet, namun brand image sosok nya juga beda beda, dan itu lah tugas para brand untuk menilai sosok influencer mana yang mereka butuhkan guna promotion, sama seperti suatu iklan tv .. iklan tv memilih artisnya yang memiliki brand image yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan . (skill nya, pribadi nya ,dll )

3. Kurang menghargai Jasa influencer , ini juga sering banget teman teman influencer yang sharing . Kadang suatu tempat yang membutuhkan jasa kami hanya menggangap influencer hanyalah sesosok orang dengan banyak follower yang ingin “gratisan” , aduhh,parah ya.. padahal kami to be influencer saja adalah pencapaian yang tidak mudah dan tidak semua orang bisa lakukan. Influencer bisa juga dikatakan juga sebagai content creator yg tugas mengemas promotion/review nampak menarik dan natural untuk membuat audience mengenal brand mu. Susah lho, dan butuh kreatifitas untuk membuat itu. Dan banyak brand yang menyepelekan..

 bahkan menganggap kami tidak pantas untuk menaruh ratecard/fee atas jasa yang kami lakukan, selain skill dan kreatifitas kami juga bermodalkan gear professional yang memumpuni lho (pada level level influencer tertentu). Apa sih yang di maksud gear ? Keperluan guna menciptakan konten selain kreatifitas seperti Kamera,lensa, handphone,Laptop,tripot,Ligthing,dll.

Jadi influencer itu sebener nya ujung tombak promotion dari suatu brand , apa kah pantas perlakuan yang semena mena gitu? Padahal influencer tersebut salah satu penggerak promosi dan yang memperkenalkan brand mu pada masyarakat . 

Kunci nya Saling menghargai !  Jadi influencer itu bukan untuk cari GRATISAN lho, kami ini bisa disebut content creator juga, karena kami berusaha menciptakan konten menarik untuk membuat brand mu menjadi lebih oke.. 

hehehe , jadi masih bisa kah kita saling menghargai? pasti nya bisa! 

Kerjasama yang baik, hubungan yang baik antara brand dengan influencer nya pasti akan menjadikan suatu hasil yang memuaskan..

Tapi guys aku tau banget kok,  tidak semua seperti itu , ini hanya lah obrolan dari sharing bersama teman teman influencer. So terimakasih sebesar besar nya untuk para Brand yang telah menghargai kami para influencer dan kami pun pasti akan berusaha membuat konten sebaik baik nya ,hehe…
#influencer #influencerBandung #influencerjakarta #influencersurabaya #selebgramindo #selebgrambandung #influencerindonesia #mediapromo #bloggerbandung 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: